Pengertian dan cara kerja RAM

Diposting oleh Unknown on Jumat, 15 Maret 2013

Pengertian RAM? 

RAM yang kepanjangannya Random Access Memory adalah salah satu hardware komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data, Sama seperti harddisk. Namun yang membedakan dalam fungsinya adalah, RAM sebagai penyimpanan data sementara, Kenapa disebut penyimpanan data sementara?, karena cara kerja RAM hanya mengeksekusi program yang sedang berjalan di dalam OS. Artinya, jika suatu program sudah tidah di eksekusi oleh komputer, maka RAM sudah tidak lagi menyimpan data tersebut. 

Untuk mempermudah penjelasan, akan saya beri contoh.
Saya gambarkan anda akan mengeksekusi program modzila firefox untuk dijalankan. Awalnya program tersebut terinstal dan tersimpan di dalam harddisk. Namun ketika anda mulai mengeksekusi firefox.exe, maka RAM akan menyimpan semua data-data yang akan di proses, lalu mengirimkannya ke porsessor untuh di kelola, dan hasilnya akan disimpan kembali ke RAM yang kemudian ditampilkan oleh komputer.

 Prosesnya pun dapat dilihat melalui Task manager, Tekan CTRL + ALT + DEL.



Kapasitas RAM
sama halnya seperti harddisk, RAM pun mempunyai kapasitas memory, mulai dari yang terkecil, 1GB, 2GB, 4GB dan saat ini sudah mencapai 8GB. 

Untuk kapasitas memory, semakin besar kapasitasnya maka semakin besar pula daya tampung data yang akan tersimpan, dan semakin cepat juga pengiriman datanya, artinya komputer kita akan semakin cepat. 
kenapa semakin cepat?, saya gambarkan sebuah data adalah banyaknya air yang akan dikirim ke prosessor, dan RAM adalah aliran yang akan di gunakan oleh air. jika alirannya kecil, maka air akan mengalir sedikit demi sedikit. Namun jika alirannya besar, maka waktu yang di butuhkan air sampai ke prosessor semakin singkat.

Jenis RAM
RAM mempunyai jenis yang berbeda, seperti DDR1, DDR2, DDR3. Nama jenisnya diambil dari generasi RAM itu sendiri, dalam arti, DDR1 ada lebih dulu dari DDR2, dan DDR2 hasil dari perkembangan DDR3.
yang menjadikan perbedaan mencolok adalah coakan yang ada pada RAM sesuai dengan slot mainboard.


Semoba Bermanfaat :)





{ 1 komentar... read them below or add one }

Aslam raf mengatakan...

mksh gan
postingannya sangat bermanfaat

Posting Komentar