Mark Elliot Zuckerberg pembuat Facebook

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 23 Maret 2013


Siapa sih Mark Elliot Zuckerberg itu?
Ya, dia adalah seorang penggila komputer yang menjadi penemu Facebook. Mark Elliot Zucerikat. Ia terlahir dari hasil pernikahan Edward Zuckerberg yang berprofesi sebagai dokter gigi dan Karen, seorang wanita yang bekerja sebagai psikiater. Mark yang merupakan anak kedua dari empat bersaudara itu (Randi, Donna dan Arielle) menghabiskan masa kecilnya di kawasan elite Dobbs Ferry, New York.
Sejak kecil ia amat gemar bermain komputer.Bukan hanya asyik bermain game, namun juga menguasai berbagai program komputer, bahkan sejak usia SD ia sudah mampu merakit komputernya sendiri.



Si jenius dan jago bermain anggar
Mark Zuckerberg yang dibesarkan sebagai seorang Yahudi memang jenius. Saat SMP ia terpilih sebagai wakil dari sekolahnya untuk mengikuti olimopiade dalam bidang matematika. Ia juga masuk dalam kelompok musik dan menjadi anggota groub penggemar bahasa latin. Namun tak banyak yang menyangka, ia juga mewakili sekolahnya untuk bertanding anggar antar sekolah.

Begitu masuk SMA di Ardsley High School, New York, ia mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika. Namun prestasi tidak hanya disitu, setelah pindah sekolah ke Plilips Exeter Akademi di tahun pertamanya, ia mendapat banyak penghargaan di bidang sains (matematika, fisika dan astronomi). Namun semua itu tidak menyurutkan minatnya dalam bidang komputer, Mark bahkan semakin kreatif untuk tak lelah mengutak atik dunia komputer.

Masa Kuliah
Setelah lulus SMA, mark pun kuliah di universitas Harverd mengambil jurusan psikologi. Pada awalnya Mark adalah mahasiswa biasa sampai akhirnya ia sekamar dengan teman-temannya yang saat ini bersama-sama mendirikan facebook (Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Sean Parker). mulanya ia membuat sebuah program Synapse, yaitu program pemutar musik dan sekaligus untuk melacak selera musik para pemutarnya. Lalu mark membuat program Coursematch, program yang memungkinkan para mahasiswa dapat menulis mata kuliah dari situsnya dan siapa-siapa saja yang dapat mengambil mata kuliah tertentu. Mark pun semakin kreatif membuat webnya semakin berkembang, lalu dengan bantuannya temannya ia membuat Facemash. Dengan facemash ia dapat mengambil foto teman-temannya yang terdaftar di universitas harvard. Tak disangka dalam 2 jam situsnya mendapat kunjungan hingga 22.000, yang akhirnya menyebabkan trafik di jaringan Universitas Harvard terganggu, yang karena itu pula mark dihukum oleh pihak kampus dan menutup program Facemashnya.

Facebook
Zuckerberg pun tak menyerah, ia terus mengembangkan bakatnya hingga menjadi The Facebook. mulanya ia bermaksud untuk menjadikan facebook sebagai buku angkatan sekolah yang biasa dilakukan oleh siswa sekolah di swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka secara online. sampai akhirnya mark berinisiatif untuk menyebarkan situsnya ke sekolah-sekolah lain yang mempunyai kontak sosial dengan Universitas Harvard melalui bantuan teman sekamarnya Dustin Moskovitz. tak disangka situsnya semakin menyebar dan terus meluas hingga mendunia seperti sekarang ini.
Sayangnya karena keasikan merancang facebook, akhirnya mark "drop out" dari kampusnya dan lebih fokus mengurus facebook. Sejak di luncurkan pada 4 februari 2004 hingga saat ini sudah terhitung mencapai lebih dari 500juta pengguna facebook.

Triliuner yang sederhana
Berkat Facebook, mark masuk ke jajariliuner muda. Majalah Forbes pun mencatat Mark sebagai miliarder termuda sepanjang sejarah, yang atas usahanya sendiri, bukan karena warisan. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar atau (sekitar Rp 13,5 triliun)Namun hal ini tidak membuat mark besar kepala, sehari-hari mark berkantor di Palo Alto, california yang menempati beberapa gedung. Mark pun tinggal di sebuah kamar apartemen yang biasa-biasa saja. Bahkan ia sering berjalan kaki atau bersepeda menuju kantornya. Luar biasa.

Biodata

Nama lengkap:
Mark Elliot Zuckerberg

Nama akrab:
Mark atau Zuckerberg

Tempat dan tanggal lahir:
Dobbys Ferry, New York, 14 Mei 1984

Nama orang tua:
Edward Zuckerberg dan Karen

Jumlah saudara:
Anak ke-2 dari 2 bersaudara

Pendidikan:
Universitas Harvard (tidak selesai)

Hobi:
Bermain komputer

Penghargaan bergengsi:
Young Global Leaders, 2009

Jabatan:
CEO Facebook


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar