Mengenal fungsi komponen Motherboard

Diposting oleh Unknown on Senin, 15 April 2013

Motherboard
Motherboard atau istilah lainnya mainboard/Mobo merupakan salah satu perangkat keras yang penting pada komputer. Mobo sendiri berbentuk seperti papan, dimana komponen-komponen penting lainnya terpasang di dalamnya. Sama halnya hardware lainnya, mobo terus berevolusi sesuai perkembangan teknologi dan selalu menyesuaikan slot pada hardware yang kompetible dengannya.

Mobo terlahir pada tahun 1977 dari perusahaan yang sangat terkenal, Apple. Digunakan untuk produknya sendiri yaitu apple II. Awal mulanya mobo bukanlah suatu papan yang kecil, setiap komponen (seperti RAM, VGA dan semacamnya) dihubungkan dengan kabel-kabel yang sangat rumit. Namun setelah melalui beberapa generasi, mobo lebih kecil dan canggih.
Sebuah mobo mempunyai bagian yang sangat penting yaitu Chipset, yang merupakan IC untuk mengatur sistem pada hardware lainnya.


Bagian pada Motherboard











  




IDE Conector
IDE conector berfungsi sebagai slot untuk kabel IDE yang menghubungkan mobo dengan harddisk IDE
Sata
Sata berfungsi sebagai slot untuk kabel sata yang menghubungkan harddisk sata dengan mobo
Slot PCI
adalah slot yang berfungsi untuk hardware tambahan, seperti VGA, Lan Card, Sound card dan lainnya yang menggunakan slot PCI.
Slot PCI express
adalah slot yang berfungsi untuk hardware berupa VGA yang menggunakan slot PCI express.
Floppy Conector
berfungsi sebagai slot untuk kabel floppy disk yang menghubungkan antara floppy dan mobo
Slot RAM
Slot dimana RAM terpasang. perlu di perhatikan, lihat jenis slot karena sangat berpengaruh dengan jenis ram itu sendiri. untuk sekilas tentang RAM lihat disini.
Socket Prosessor
Prosessor mempunyai banyak jenis, dan setiap jenis prosessor mempunyai jumlah pin yang berbeda-beda untuk dimasukkan ke dalam Socket prosessor. maka dari itu untuk memilih prosessor diwajibkan melihat jenis socket pada prosessor.
Power supply conector
konektor untuk menghubungkan power supply dengan mobo. Power supply sendiri mempunyai fungsi untuk mensupply arus lustrik kedalam mobo.
Chipset
lihat pada gambar, dimana chipset mobo berada
Baterei CMOS
baterei CMOS sendiri digunakan untuk menyimpan settingan BIOS agar tetap aktif walaupun tanpa aliran listrik. Jika baterei dicopot lalu dihidupkan, maka BIOS akan tereset.
Slot OnBoard 
Slot onboard biasanya terdiri dari VGA, Soundcard, port USB, Lancard, Port mouse dan keyboard. Slot onboard sudah ada dari setelan pabrik (walaupun ada beberapa mobo yang tidak mempunyai onboard). Jadi walaupun tanpa adanya perangkat tambahan seperti VGA, Lancard dan semacamnya, komputer sudah dapat berjalan.
Panel
Panel adalah Pin yang menghubungkan antara Cassing dan mobo. disana berisi pin untuk reset, power, slot usb yang ada di cassing dsb. Jika belum paham tata letak pin masing-masing fungsi, dianjurkan untuk membaca buku manual mobo.


Sebenarnya masih banyak lagi komponen-komponen pada mobo. Namun beberapa ulasan diatas adalah hal yang perlu diperhatikan untuk merakit komputer sendiri. Semoga bermanfaat :)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar