Tips Mencegah kerusakan baterei laptop akibat kebiasaan yang salah

Diposting oleh Unknown on Rabu, 20 Maret 2013

Baterei pada laptop salah satu komponen terpenting untuk sebuah PC portable. Banyak pula yang mengeluh akibat baterei yang cepat lowbat/soak. Tidak sedikit keluhan yang terjadi pada user pengguna laptop/notebook mengalami kerusakan baterei pada laptopnya, ditambah harga baterai yang lumayan menguras dompet menjadi kendala para penggunanya.
ada kalanya mencegah lebih baik daripada mengobati.
berikut ini akan saya bagikan Tips merawat baterei laptop. Mari Simak:

1. Charging baterai laptop anda pada saat awal membeli selama 8-10 Jam untuk mencapai floating baterai.
Namun untuk diperhatikan, banyak tekhnisi toko yang pada saat menginstal laptop pembeli tidak melakukan charging terlebih dahulu.

2. saat memulai menggunakan laptop, baiknya lakukan charging terus menerus selama penggunaan.
Baterai tipe sekarang sudah mempunyai Control baterei, yang artinya baterei akan otomatis stop charging ketika sudah full, dan secara otomatis laptop akan menggunakan energi pada listrik tanpa membuat efek soak pada baterei.

3. Biasakan colok dan cabut adaptor baterei 5 menit sebelum dan sesudah penggunaan.
coloklah adaptor ke laptop 5 menit sebelum menyalakan laptop untuk menghasilkan daya yang stabil pada adaptor dan cabut 5 menit setelah dimatikan, untuk proses cooling down dan memberikan daya floating pada baterei.

4. Colokkan adaptor ke power listrik terlebih dahulu sebelum menyolokkannya ke laptop.


5. Jangan biarkan baterei kosong hingga 0% 
karena tegangan baterei akan menurun dan akan membutuhkan daya yang besar untuk mencharging, efek ini akan mengakibatkan kerusakan AC/DC converter pada Mainboard dan controlling pada baterai.

6. jangan lakukan cabut dan colok adaptor pada saat baterei penuh dan kosong (ketika full di cabut, dan ketika kosong baru di colok) ketika masih ada power listrik. 

7. Pastikan Suhu ruangan tidak terlalu panas,
karena suhu ruangan sangat berpengaruh pada cycle count battery. maka di anjurkan juga untuk menggunakan cooling pad untuk mengurangi suhu panas pada laptop.

8. Jangan menggunakan listrik langsung ke laptop (copot baterei).
Karena adaptor/DCC selalu menghasilkan electric shock yang tidak dapat di filter oleh kapasitor sehingga lolos ke output. sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada Mobo/hardware lainnya. 

NB : baterei laptop punya umur yang di tentukan oleh pabrik. oleh karena itu, alangkah baiknya untuk memaksimalkan umur baterei laptop yang kita punya.
Semoga bermanfaat :)

Referensi : Vegasafiq




{ 1 komentar... read them below or add one }

Bukan CS Biasa mengatakan...

Nice info gan ! kalau boleh nambahin :
Jangan ngecash baterai laptop di dalam kolam renang, karena selain bisa ngerusak baterai juga bisa ngerusak laptopnya. Hahahahah...
Kunjung balik donk gan http://cspay.blogspot.com

Posting Komentar